Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI), adalah sebuah lembaga yang beperan sebagai pusat inisiatif strategis pembangunan nasional Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah kajian terhadap inovasi dan inisiatif strategis yang dapat mempercepat pencapaian MDGs di Indonesia, proses perencanaan agenda pembangunan Pasca-2015, dan implementasi intervensi pembangunan khususnya di lingkup kesehatan. CISDI merupakan transformasi kelembagaan dari Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk Millenium Development Goals (KUKP-RI MDGs), sebuah lembaga independen untuk meneruskan kinerja dan capaian yang telah dibangun.

Pada bulan September tahun 2000, pemimpin dunia dari 189 negara bersepakat untuk menandatangi Deklarasi Millennium, sebuah komitmen global untuk mencapai 8 tujuan pembangunan yang terukur. Selama 15 tahun terakhir, Tujuan Pembangunan Milenium (Millennium Development Goals/MDGs) telah menjadi tolak ukur utama bagi keberhasilan global mengatasi tantangan pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan untuk semua.

Namun, di akhir tenggat masa berlakunya, MDGs menunjukan kesenjangan capaian antar indikator dan antar kelompok masyarakat. Sustainable Development Goals (SDGs), sebagai amplifikasi dari MDGs, kini tengah diformulasikan secara partisipatif dengan target yang berorientasi pada aksi, menghargai kebijakan dan prioritas antar negara dengan mempertimbangkan dengan seksama situasi, kapasitas dan tahapan pembangunan yang telah dicapai. SDGs adalah sebuah tonggak yang penting dimana pondasi kesejahteraan manusia, yakni kemajuan ekonomi, keberlanjutan lingkungan, dan inklusi sosial, melebur menjadi satu bersama dengan perbaikan pada tata kelola.

Indonesia kini dihadapkan pada pekerjaan rumah yang menantang, yakni untuk dapat berdaptasi pada pergeseran tantangan pembangunan, menerjemahkan konsensus global ke dalam agenda pembangunan nasional, sembari pada saat yang bersamaan, masih harus meningkatkan capaian indikator pembangunan di level nasional dan subnasional. Oleh karenanya, kolaborasi seluruh pemangku kepentingan melalui aksi nyata yang inovatif serta advokasi bagi formulasi dan implementasi kebijakan berbasis bukti menjadi kunci. Kombinasi ini diharapkan menjadi katalis bagi percepatan pencapaian kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.


NILAI LEMBAGA

 

Collaborative Work

Bekerja dengan mengedepankan kolaborasi adalah sesuatu yang kita percaya akan memberikan dampak yang lebih besar. Kolaborasi tidak hanya sebatas bekerja di dalam tim namun bersinergi antar sektor dengan etos kerja yang dipegang teguh oleh setiap individu untuk saling mendukung mencapai visi yang sama. 

Integrity Principle

Kami memegang integritas yang tinggi dalam bekerja. Intergritas adalah bagian  tertinggi dalam sebuah moral pekerjaan yang kami percaya merupakan prinsip utama dalam mencapai tujuan. 

Sustainable Action

Kami mengukur segala tujuan dan dampak yang kami kerjakan secara berkesinambungan. Tidak berhenti setelah tujuan tercapai namun bagaimana tujuan tersebut terus dijalankan dan dampak yang sudah terjadi terus dapat dirasakan secara terus menerus. 

Diversity in Practice

Kami hidup dalam perbedaan dan menyadari bahwa perbedaan merupakan hal yang harus ada dan mendukung proses pekerjaan untuk menjadi lebih baik. Latar belakang yang berbeda baik dari segi pendidikan maupun sosial menjadi kekayaan yang kami percaya  membangun CISDI menjadi semakin besar. 

Socially Impactful

Tujuan utama kami adalah memberikan dampak sosial seluas mungkin. Kami mengembangkan strategi dan program kerja untuk meberikan dampak langsung yang positif dalam masyarakat.